JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Evaluasi Sistem Layanan Perpustakaan di BPTP Banten

PROSIDING TEMU TEKNIS JABATAN FUNGSIONAL NON PENELITI, 9-10 Nopember 2011, hal 224

Jumlah, jenis atau macam layanan perpustakaan yang dapat diberikan kepada pengguna sesungguhnya cukup banyak, namun semua layanan tersebut penyelenggaraannya harus disesuaikan dengan kondisi tenaga perpustakaan dan kebutuhan penggunanya. Kinerja sistem layanan perpustakaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten dievaluasi dengan metoda survey melalui pengumpulan pendapat dari pengguna. Data sebagai bahan evaluasi kemudian ditabulasi dan dianalisa secara deskriptif. Tujuan evaluasi sistem layanan perpustakaan yaitu untuk mengetahui sejauh mana sistem layanan perpustakaan BPTP Banten dapat memenuhi harapan pengguna. Evaluasi dilaksanakan selama bulan September 2011. Responden berjumlah 24 orang yang terdiri atas peneliti, penyuluh, teknisi litkayasa dan staf lainnya di lingkup BPTP Banten. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kinerja sistem layanan perpustakaan mendapat nilai 3,8 dan termasuk dalam kategori memuaskan. Responden perpustakaan non-digital sebanyak 78,3% dan sisanya 21,7% merupakan responden perpustakaan digital. Hasil ini merupakan awal yang balk untuk pengelolaan atau pengembangan Perpustakaan MODEL yang semi-digital melalui pendekatan managemen dan organisasi di BPTP Banten.