• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

Sinergi Distan Prov. Banten dengan BPTP Targetkan Peningkatan Produksi dan Kualitas Pisang melalui SL-GAP

Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian Provinsi Banten sedang melaksanakan Program SL-GAP beberapa komoditas pertanian khususnya produk hortikultura, di antaranya komoditas pisang.

SL-GAP komoditas pisang dilaksanakan di Kelompok Tani Sumber Rejeki, Desa Cileles Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak pada luasan 10 ha lahan petani pada 8 April 2021.

Acara dihadiri oleh Kepala Seksi Produksi Buah dan Florikultur Dinas pertanian Provinsi Banten, RD Nurul Karimah, SP selaku penyelenggara acara,
penyuluh pertanian Kecamatan Cileles, POPT dan anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki.

Acara diawali dengan sambutan dari penyelenggara acara yang menyampaikan bahwa petani diharapkan bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan program SL-GAP komoditas pisang. "Bantuan sarana produksi yang diberikan untuk mendukung pelaksanaan program ini dibarengi dengan ilmu teknologi budidaya yang tepat sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi dan ke depannya Desa Cileles bisa menjadi "Desa (produsen) Pisang" jelas Nurul.

Sebagai narasumber acara, BPTP Banten memberikan informasi teknologi yang bisa diterapkan dalam praktek budidaya, panen dan pasca panen pisang yang dihantarkan oleh Yuti Giamerti SP., MscAgr, (peneliti). Secara rinci, Yuti memaparkan tentang manfaat mengkonsumsi pisang, kekayaan sumberdaya genetik pisang di Indonesia, varietas unggul pisang hasil produksi Balitbangtan, syarat tumbuh, teknologi pembibitan, persiapan lahan, pemupukan, dan hama dan penyakit tanaman pisang.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi, petani menyampaikan beberapa pertanyan mengenai teknologi budidaya yang biasa dilakukan oleh petani dan diskusi mengenai pelaksanaan operasional kegiatan SL-GAP komoditas pisang.


.