• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

Inpari Nutri Zinc, Varietas Padi untuk Cegah Kekurangan Gizi Anak

Pernah dengar istilah stunting? Yup....betul, stunting itu adalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama sehingga akan mengakibatkan kondisi gagalnya pertumbuhan anak baik pertumbuhan tubuh maupun otak.

Anak yang mengalami stunting akan tumbuh dengan perawakan pendek dari anak normal seusianya, dan dampak buruknya lagi anak akan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

#SobaTani, terkait pencegahan stunting, Badan Litbang Kementerian Pertanian telah merilis jenis padi yang disebut Varietas Inpari Nutri Zinc. Pada beberapa postingan sebelumnya, kami telah mengenalkan varietas ini ke #SobaTani.

Inpari IR Nutri Zinc yang dirilis pada tahun lalu ini memiliki keunggulan atau sifat khusus dibanding varietas lainnya dalam hal kandungan Zn, yaitu memiliki potensi kandungan sebesar 34,51 ppm, lebih tinggi (± 25 %) dibanding varietas lain.

Dalam paparan Dr. Untung Susanto dan Tim dari BB Padi, disebutkan bahwa bahaya kekurangan Zn dalam tubuh manusia menyebabkan Xeroptalmia (organ mata), kecerdasan rendah, daya tahan tubuh lemah, produktivitas rendah, pertumbuhan dan penampilan kulit, rambut dan kuku tidak optimal, hambatan perkembangan kognitif dan motorik, dan Stunting (volume otak lebih kecil dan resiko terkena penyakit diabetes, jantung koroner, dll).

Untuk itu, pemenuhan Zn dalam tubuh penting untuk dilakukan terutama untuk anak-anak yang dapat mencegahnya dari kegagalan pertumbuhan dari standar yang normal.

Lebih lanjut Dr. Untung menyampaikan dalam paparannya bahwa Inpari Nutri Zinc juga memiliki keunggulan lainnya seperti ketahanan relatif baik terhadap WBC, blas, dan tungro, karakter lain setara Ciherang (daya hasil, bentuk beras, warna beras, umur, rasa: pulen - sedang), testimoni tahan rebah, rendaman singkat, dan diduga baik untuk salibu.

Sumber: BB Padi
Sumber photo: IP2TP Singamerta


.