• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

Bersiap Memulai Musim Tanam Padi MK 2021

Bersiap Memulai Musim Tanam Padi MK 2021 Hallo #SobaTani…semoga selalu sehat dan semangat!!

“Jalan-jalan ke Kota Serang bersama Abah David
Bertemu Bu Ani dijamu teh hangat dan bubur
Walaupun kita semua masih diserang wabah covid
Namun, para Petani tetap semangat pantang libur”

Musim tanam MK I segera dimulai, deru mesin traktor mulai ramai diselingi sesekali tawa renyah para petani yang menitipkan harapan pada lahan yang digarapnya.

Tangan dan kaki bergerak lincah seirama laju traktor yang sedang dikemudikan. Yup, di IP2TP BPTP Banten tengah bersiap untuk melaksanakan kegiatan produksi benih sumber kelas FS dan SS serta benih sebar kelas ES. Benih yang akan diproduksi adalah:
- Inpari IR Nutri Zinc kelas FS,
- Siliwangi kelas SS,
- Inpari 43 kelas SS,
- Inpago 8 kelas ES,
- Siliwangi Kelas ES,
- Mantap kelas ES dan
- Inpari 43 kelas ES.

Untuk di lahan petani, produksi benih UPBS BPTP Banten adalah:
- Inpari 30 kelas FS,
- Mantap kelas FS,
- Inpari 32 kelas SS,
- Inpari 43 kelas SS,
- Inpari 32 kelas ES dan
- Inpari 43 kelas ES.

Besar harapan kami kegiatan produksi benih ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan benih unggul bermutu yang adaptif dan diterima oleh pasar/pengguna berdasarkan preferensi di masing-masing tempat.

Selanjutnya, sumbangsih teknologi berupa benih unggul bermutu ini diharapkan dapat mengungkit produksi dan produktivitas padi nasional khususnya di Banten.

Stok benih UPBS BPTP Banten yang tersedia adalah Inpari 43 kelas FS (foundation seed) atau BD (benih dasar) label putih. Benih Inpari 43 ini memiliki potensi hasil 9,02 ton/ha dengan umur yang genjah yaitu 111 hari setelai sebar/semai. Karakteristik Inpari 43 ini diantaranya tahan rebah, tahan hingga agak tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III, IV dan VIII, tahan hingga agak tahan terhadap blas ras 033, 073, 133 dan 173, daun bendera tegak, bulir gabah ramping dan tekstur nasi pulen.

#SobaTani, silahkan bagi para petani yang berminat dan belum memiliki benih untuk merapat ke UPBS BPTP Banten dengan harga benih yang terjangkau, yaitu Rp. 12.000,-/kg.


.