• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

Genjot Produksi Benih Unggul, BPTP Banten Adakan Sekolah Lapang

Genjot Produksi Benih Unggul, BPTP Banten Adakan Sekolah Lapang Serang, 19/05/2021. Acara Sekolah Lapang (SL) Perbanyakan Benih Padi kali ini merupakan yang kedua kalinya sejak kegiatan Demfarm Perbenihan Padi 2021 mulai dicanangkan di Kec. Kasemen Kab. Serang. Peserta SL sejumlah 30 orang berasal dari Kelompok Tani Tirta Jaya dan Kelompok Tani Subur Makmur I di Kec. Kasemen.

Proses pembelajaran dimulai dengan pertemuan lapang berupa penentuan titik pengamatan kondisi pertanaman.

Hal yang akan diamati meliputi pengamatan terhadap hama dan penyakit tanaman, kondisi air, dan gulma, serta hal-hal terkait lainnya.

Selanjutnya, hasil pengamatan didiskusikan dalam pertemuan di rumah Ketua Kelompok Tani Tirta Jaya yang berlokasi di Desa Sawah Luhur Kecamatan Kasemen.

Berdasarkan pengamatan lapangan kali ini, kesimpulan yang diperoleh peserta SL adalah belum ditemukan kondisi yang membutuhkan penanganan khusus.

Selanjutnya, terhadap para peserta dilakukan penguatan dinamika belajar melalui pembentukan kelompok pembelajaran yang akan memikul tanggung hawab tentang tugas dan tanggung jawab kelompok selama pembelajaran. Terdapat 6 kelompok yang terbentuk dengan masing-masing anggota sebanyak 5 orang.

Seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di lapangan dipandu oleh Penyuluh BPTP Banten bersama Penyuluh Dinas Pertanian Propinsi Banten - Khaerunnisa S.P, Penyuluh Kec. Kasemen - Risti Wulan, S.P, dan Siti Nurani S.P, dan POPT Kec. Kasemen - Qosid.

Acara pembekalan ini juga dijadikan wahana perkenalan kelompok dan pembuatan yel-yel kelompok sehingga semakin menambah semangat para peserta.

Materi pembekalan dalam SL ke-2 ini disampaikan oleh Asep Tasyu, Pengawas Benih dari PSBTPHP (Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan) Provinsi Banten dengan wilayah kerja Kota Serang.

Materi yang disampaikan oleh Asep Tasyu adalah Syarat-syarat dalam Mengajukan Penangkaran Benih. Dijelaskan bahwa syarat utama sebelum mengajukan penangkaran adalah mengajukan permohonan rekomendasi sebagai pengedar Benih Bina Tanaman Pangan, pada rentang 10 hari sebelum sebar atau paling lambat 1 hari sebelum sebar.

Selanjutnya disebutkan bahwa kelompok tani yang akan mengajukan penangkaran benih harus memenuhi syarat -syarat administrasi berupa penyerahan photo copy KTP, NPWP, dan pas photo pengurus, di samping pemeriksaan terhadap kondisi penangkaran.


.