• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

BPTP Banten Salurkan Bantuan Benih VUB Untuk Demplot Padi Khusus dan Spesifik Lokasi

BPTP Banten Salurkan Bantuan Benih VUB Untuk Demplot Padi Khusus dan Spesifik Lokasi Varietas benih padi merupakan faktor penting yang menentukan produktivitas tanaman. Badan Litbang Pertanian telah melepas varietas benih padi dengan keunggulan khusus yang dikenal dengan istilah Varietas Unggul Baru (VUB) Khusus dan VUB Spesifik Lokasi yang memiliki potensi hasil tinggi.

Diseminasi inovasi VUB padi tahun ini dilakukan BPTP Banten melalui Demplot VUB padi khusus dan spesifik lokasi dengan pendekatan Jarwo Super yang dilaksanakan di Desa Kedaleman Kecamatan Cibeber & Desa Cigiceh Kecamatan Jombang Kota Cilegon, dan di Desa Jeruk Tipis Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang dengan total luas Demplot adalah 12 ha.

Demplot dilaksanakan dengan tahapan sosialisasi, melakukan kesepakatan melalui perjanjian kerjasama, penyerahan sarana produksi (benih) dan pendampingan pada semua tahapan kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan penyuluh dan Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) setempat.

Penyerahan benih dan pendampingan kegiatan persemaian di Kabupaten Serang telah berlangsung pada 18 Mei 2021 dan Kota Cilegon 19 Mei 2021.

VUB khusus yang ditanam pada lokasi demplot adalah Inpari Nutri Zinc, dan VUB spesifik lokasi adalah Inpari 32 dan 43.

Pendampingan persemaian dilaksanakan dengan penyampaian materi teknologi persemaian dan pembimbingan langsung terhadap kegiatan di lahan.

Teknologi persemaian yang direkomendasikan adalah pelimbangan, perendaman dan pemeraman benih yang dilakukan selama 2 hari dan dilanjutkan dengan penyebaran benih pada lahan persemaian. Kebutuhan benih per ha lahan adalah 25 kg. Lahan yang digunakan untuk menyemai 25 kg benih adalah seluas 400 m².

Rencana kegiatan selanjutnya adalah pendampingan dan pelatihan petani pelaksana demplot yang meliputi pemeliharaan persemaian, pengolahan lahan, pemindahan benih, penanaman dan seterusnya hingga pascapanen.

Melalui penggunaan VUB padi khusus dan spesifik lokasi dengan pendekatan Jarwo Super tersebut diharapkan produktivitas padi dapat meningkat.


.