• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

BPTP Banten Gelar Pertemuan SL-3 di Kasemen - Serang

Pertemuan Sekolah Lapang (SL) yang ketiga pada Demfarm Perbenihan BPTP Banten di Kasemen Kota Serang telah berlangsung pada Kamis, 27 Mei 2021.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan SL ini. Acara diawali dengan pengamatan pada lokasi Laboratorium Lapang (LL), yaitu pada sawah di Kampung Kecacang. Padi yang diamati berumur 29 HST.

Peserta diminta untuk mengidentifikasi dan menyeleksi tanaman yang menyimpang, mengamati, mencatat, dan mengambil serangga atau organisme yang ditemukan pada rumpun padi.

Selanjutnya, hasil pengamatan didiskusikan dalam kelompok masing-masing yang terbagi ke dalam 5 kelompok kecil. Masing-masing kelompok menggambar hasil pengamatannya dalam selembar kertas besar, diberi keterangan dan dipresentasikan.

Dalam presentasi, masing-masing peserta menjelaskan gambar hasil temuannya baik tentang performa tanaman padi maupun tentang hama dan penyakit tanaman, serta di bagian akhir memberikan rekomendasi kepada pemilik sawah untuk mengambil langlah-langkah yang tepat dalam pemeliharaan tanaman dan budidaya secara umum.

Selain itu, acara SL-3 ini juga diisi materi dari Asep Tasyu, pegawai dari UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Melalui SL-3 ini tampak peserta sangat termotivasi untuk saling bekerjasama dalam berdiskusi, dan meningkatkan keaktifan peserta.

Pembelajaran selanjutnya akan dilaksanakan pada hari Selaaa tanggal 8 Juni 2021 dengan materi tentang Hama dan Penyakit Tanaman.


.