• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

Dukung Kab. Lebak Genjot Produksi Bawang Merah, BPTP Banten Gelar Bimtek

Seiring upaya Dinas Pertanian Kab. Lebak untuk menggenjot produksi bawang merah, BPTP Banten menunjukkan dukungannya dengan menggelar Bimtek Teknologi Budidaya Bawang Merah dan Pengendalian Hama Terpadu pada 17 Juni 2021 di BPP Kec. Warunggunung.

Kepala Seksi Penjamin Mutu Kemurnian dan Kelestarian SDG tanaman, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Lebak, M. Romli, SP yang hadir pada lokasi tersebut memaparkan bahwa Kabupaten Lebak mendapat alokasi pertanaman bawang merah seluas 30 ha yang tersebar di Kecamatan Warunggunung, Kecamatan Bojong Manik, dan Kecamatan Maja masing-masing seluas 10 ha. Untuk itu, Romli berharap agar setelah kegiatan ini, luas pertanaman bawang merah di Kab. Lebak bisa lebih baik lagi dan semoga petani yang terlibat bisa terus melanjutkan budidaya bawang merah walaupun setelah kegiatan pendampingan ini selesai. "Semoga petani bisa mengikuti kegiatan bimtek dengan baik dan mengikuti anjuran teknologi yang disampaikan oleh BPTP" jelas Romli.

Sementara itu, Nofri Amin, S.ST, MP, Kasubag Tata Usaha BPTP Banten, yang mewakili kehadiran Kepala BPTP Banten pada Bimtek tersebut menyatakan bahwa Bimtek ini merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, sebagaimana instruksi Presiden yang menyatakan bahwa setiap kegiatan yang sifatnya pemulihan ekonomi nasional menjadi prioritas untuk dilaksanakan.

Bimtek ini merupakan upaya hilirisasi atau proses mendekatkan hasil riset dan inovasi kepada penggunanya. Penguatan riset dan inovasi teknologi pertanian melalui hilirisasi inovasi menjadi salah satu kegiatan pendukung dalam strategi pembangunan pertanian Indonesia (SYL, 2021). Sepanjang tahun 2021, BPTP Banten melakukan berbagai bimtek sebagai pelaksanaan amanah hilirisasi inovasi teknologi Balitbangtan.

Bimtek terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan sehubungan pandemi Covid-19.


.