• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

PERINGATAN HARI KRIDA PERTANIAN: "BERTANI ITU KEREN, BERTANI ITU HEBAT"

Di tengah pandemi Covid-19, Kementan menunjukkan prestasinya dengan sejumlah capaian yang membanggakan. Hal itu terungkap dalam upacara peringatan Hari Krida Pertanian ke-49.

Hari Krida Pertanian (HKP) yang jatuh setiap 21 Juni menjadi momentum bagi semua insan pertanian untuk bersyukur atas hasil yang diperoleh, dan menjadi evaluasi bersama agar bisa meraih hasil yang lebih baik ke depannya.

Upacara Hari Krida Pertanian kali ini dilaksanakan pada Jumat, 25 Juni 2021 yang berlangsung secara virtual sebagai upaya penerapan Protokol Kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Menteri Pertanian, Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. Dalam amanatnya, Mentan terus mengingatkan dan menyemangati para pegawai lingkup Kementerian Pertanian untuk mewujudkan
Pertanian Maju, Mandiri, Modern, dan sejahtera.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pertanian
Modern itu adalah pemanfaatan teknologi kekinian untuk pertanian termasuk teknologi berbasis Artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), drone dan robotic. Kesemuanya itu harus bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani.

"Bertani itu Keren, Bertani itu Hebat" ucap Mentan berulang-ulang. Hebat itu dengan memperbaiki cara bertani dengan lebih modern. Mentan juga mengajak para milenial untuk memacu Pertanian agar lebih Maju, Mandiri dan Modern dari pada sebelumnya.

Upacara Peringatan Hari Krida kali ini diikuti oleh sekita 668 akun zoom yang berada di seluruh Indonesia. Kepada para pegawai yang mengikuti upacara ini, Mentan menyampaikan harapannya: pertama Hari Krida dijadikan sebagai konsolidasi idealisme untuk suatu bangsa yang harus ditumbuhkan karena ini adalah tugas mulia yang menembus langit, kedua lakukan perbaikan program melalui terobosan yang mampu mensejahterahkan petani seperti dihasilkannya varietas baru, pemanfaatan jamu-jamuan (seperti empon-empon) untuk kesehatan, dll, dan ketiga adalah manfaatkan keberadaan Kostratani.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan menyampaikan apresiasi atas kemampuan semua jajarannya dalam meng-energizer atau merangsang kebersamaan dalam pertanian sehingga pertanian tumbuh positif secara signifikan.

Pertumbuhan PDB Sektor Pertanian pada Triwulan II Tahun 2020 adalah sebesar 16.24%, merupakan pertumbuhan tertinggi dibanding sektor Lapangan Usaha lainnya.

Seiring dengan itu, ekspor pertanian periode Januari - Desember 2019-2020 mengalami kenaikan signifikan sebesar 15.54%, dari nilai Rp. 390.16 T (2019) menjadi Rp. 450.79 T (2020).

Nilai Tukar Petani (NTP) juga terus mengalami peningkatan dari 102.25 pada Oktober 2020 menjadi 103.29 pada Mei 2021.

Selain itu, tak kurang dari 14 penghargaan nasional telah diraih Kementan sepanjang tahun 2020 dan 2021. Untuk itu, Mentan berpesan agar para jajarannya menjaga suasana yang baik ini. "Harus tetap hebat di lapangan, perbaiki yang kurang dan jangan ulangi kesalahan" jelas Mentan.

Usai upacara, dilakukan tasyakuran atas pencapaian semua prestasi Kementan melalui pemotongan tumpeng oleh Mentan bersama para Pejabat Eselon 1.


.