• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

BPTP Banten Lakukan Panen untuk Benih Sebar Inpari 43

BPTP Banten mengawali kegiatan di Bulan Juli (2-3 Juli) dengan melaksanakan panen perdana produksi benih sebar Inpari 43 (kelas ES). Kegiatan ini merupakan kerjasama UPBS BPTP Banten dengan kelompok tani Tresna I yang berlokasi di Kelurahan Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang.

Panen dilakukan pada lahan seluas 2 ha. Hasil ubinan 6,2 - 6,4 ton/ha dengan kadar air 23%. Nilai pengembalian calon benih 5 ton GKP untuk target 4 ton benih.

Selain di wilayah ini, UPBS BPTP Banten juga melakukan kerjasama dengan petani penangkar di Kec. Mauk Kab. Tangerang, Kec.Cibadak Kab. Lebak, dan di lokasi sawah IP2TP Singamerta.

VARIETAS INPARI 43

Bersumber dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi - Sukamandi, diketahui bahwa Varietas Inpari 43 merupakan komoditas padi sawah irigasi yang dilepas oleh Badan Litbang Pertanian pada tahun 2016 melalui SK Mentan No. 369/Kpts/TP.010/6/2016 tanggal 10 Juni 2016.

Varietas ini memiliki anakan produktif ± 21 malai/rumpun. Varietas ini dianjurkan ditanam pada lahan sawah subur dan kurang subur dengan ketinggian 0-600 m di atas permukaan laut, termasuk sawah daerah endemik hawar daun bakteri, dan blas.

Jenis varietas ini memiliki bentuk gabah yang ramping dengan bentuk tanaman yang tegak. Berat 1000 Butir sekitar ±23,74 gram. Jumlah gabah isi per malai ± 108 butir.

Varietas ini tahan terhadap kerebahan, dan tahan terhadap penyakit. Pada fase generatif tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe
III, agak tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe IV dan VIII, tahan terhadap blas daun ras 073 dan 0133, agak tahan ras 033, dan rentan ras 173, serta agak rentan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, 2, dan 3. Kerontokannya pada taraf medium.

Varietas ini memiliki permukaan daun yang kasar dengan posisi daun tegak. Posisi daun bendera adalah Tegak.

Potensi hasil yang dapat diperoleh dari varietas ini adalah 9,02 t/ha GKG dengan rata-rata hasil sebesar 6,96 t/ha GKG. Rendemen beras giling sebesar 94,15 %, dan rendemen beras pecah kulit adalah 77,58 %.

Varietas ini memiliki tekstur nasi yang pulen. dengan kadar amilosa yang dikandungnya sekitar 18,99 %.

Tinggi tanaman Inpari 43 sekitar ±88 cm dengan umur anaman ±111 hari. Jenis ini memiliki warna batang hijau dan warna gabah kuning jerami.

Pemulia varietas ini adalah Zhikang Li, Jauhar Ali, Untung Susanto, Nafisah, Satoto,
MY. Samaullah, dan Zulkifli Zaini.

Sumber: Balai Besar Penelitian Tanaman Padi - Sukamandi.


.