• selamat-datang-BPTP-Banten.jpg

UPBS BPTP Banten Terus Produktif di Masa Pandemi

UPBS BPTP Banten secara rutin setiap tahun menyediakan benih sumber mulai dari kelas BS hingga kelas SS. Selain itu, BPTP Banten juga memproduksi benih sebar (Kelas ES) melalui kegiatan Produksi Benih Sebar. Upaya tersebut merupakan bagian dari kewajiban BPTP Banten sebagai UPT Badan Litbang Pertanian yang senantiasa melakukan penyediaan benih unggul bermutu untuk petani.

UPBS BPTP Banten melakukan kegiatan dengan tujuan: 1)memproduksi dan menyebarluaskan benih sumber VUB padi yang volumenya bervariasi setiap tahun, 2) meningkatkan pengetahuan petani penangkar dalam memproduksi benih padi, dan 3) mengidentifikasi sebaran dan kinerja Penangkar Benih Padi di Provinsi Banten dalam penyebarluasan VUB padi.

Tahun ini, total target produksi benih sumber UPBS BPTP Banten adalah 5 ton. Produksi benih tersebut tersebar pada 4 wilayah, yaitu di IP2TP Singamerta - Kab. Serang), Kec.Walantaka - Kota Serang, Kec. Mauk - Kab. Tangerang, dan Kec. Cibadak - Kab. Lebak.

Di IP2TP Singamerta, ditanam Varietas Siliwangi dan Inpari 43 dengan kelas benih FS - SS seluas 0.68 ha dengan target benih sebanyak 2.2 ton. Selain itu, ditanam pula Varietas Inpari Nutri Zinc kelas BS-FS pada luas lahan 0.33 ha dengan target benih 1.1 ton. Semua tanaman berada pada fase anakan produktif.

Selanjutnya pada lahan petani di Kec. Walantaka Kota Serang, varietas yang ditanam adalah Inpari 30 kelas BS-FS dan Inpari 32 kelas benih FS - SS dengan total luas 1 ha dengan target benih sebanyak 3.3 ton. Saat ini, sedang tahap prosessing benih.

Kemudian di Kec. Mauk Kab. Tangerang akan diproduksi benih Varietas Mantap kelas benih BS- FS pada lahan seluas 0.4 ha dengan target benih maksimal 1 ton. Saat ini, pertanaman memasuki fase primordia umur 53 HST.

Dan terakhir di Kec. Cibadak Kab. Lebak, akan diproduksi benih Varietas Inpari 43 kelas benih FS-SS pada lahan seluas 1 ha dengan target benih maksimal 1 ton. Saat ini, tanaman sudah pindah tanam sekitar umur 7 HST.

#SobaTani, bagi yang belum tahu tentang arti kelas-kelas benih tersebut, dapat mempelajarinya melalui link https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/…/tahukah-anda-kelas…

Selama tahun 2021 (Januari -Juni), distribusi benih sumber BPTP Banten berjumlah sekitar 4.57 ton terdiri dari 3.06 ton yang didistribusi melalui mekanisme PNBP dan 1.5 ton merupakan benih bantuan (diseminasi) kepada kelompok tani di wilayah Cikeusik Kab Pandeglang, Malimping dan Cibadak Kab. Lebak, Ciruas - Kab. Serang, dan Walantaka dan Palima - Kota Serang.

Sobat Tani, pastikan benih yang ditanam adalah benih unggul bermutu. Untuk pemesanan benih, bisa langsung mengontak kami melalui Layanan SILINCAH
https://banten.litbang.pertanian.go.id/…/layanan-s…/upbs-padi


.