• cover-website-copy.jpg

Wakil Walikota Cilegon Apresiasi Balitbangtan dalam Pengembangan VUB

Wakil Walikota Cilegon, H. Sanuji Pentamarta, S.IP mengapresiasi Balitbangtan terhadap ragam Varietas Unggul Baru (VUB) padi yang dihasilkannya. Hal tersebut disampaikan dalam acara Temu Lapang dan Panen Bersama di lokasi kegiatan BPTP Banten berupa Demplot VUB Padi Khusus dan Spesifik Lokasi di Kelurahan Kedaleman Kec. Cibeber Kota Cilegon.

VUB yang diekspose pada kesempatan tersebut adalah Inpari 43 dan 32 (padi spesifik lokasi) dan Inpari IR Nutri Zinc (padi khusus).

Ketiga varietas tersebut disambut baik oleh Wakil Walikota Cilegon sebagai upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kota Cilegon di tengah-tengah industrialisasi. Meskipun areal pertanian tidak begitu luas, namun pemerintah tetap diharapkan mendukung melalui inovasi teknologi, misalnya melalui diseminasi teknologi varietas unggul baru

Khusus Inpari IR Nutri Zinc, varietas ini mengandung unsur Zn yang berperan baik untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk mencegah stunting, yaitu pertumbuhan tubuh yang tidak normal pada anak-anak. Menurut Wakil Walikota Cilegon, lebih dari 25% anak-anak di Cilegon mengalami stunting.

Dalam demplot tersebut, teknologi yang diterapkan terdiri dari penggunaan varietas unggul baru, pemupukan rekomendasi LKP, dan sistem tanam Jarwo 2:1. Hasil ubinan (provitas) Inpari 43 adalah sebanyak 8.21 ton/ha, Zink sebanyak 7.24 ton/ha, Idan npari 32 sebanyak 7.95 ton/ha.

Dalam acara tersebut hadir Kepala BPTP Banten, Dr. Ismatul Hidayah, SP, MP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cilegon, Efa Sarifah, ST, Camat Cibeber bersama Forkopimda Kec. Cibeber, Lurah Kedaleman, H. Januri, serta KTNA Kota Cilegon..

Acara diakhiri dengan pemberian bantuan benih secara simbolis kepada 4 penerima, yaitu KTNA, Poktan Cigiceh, Poktan Sangkan Subur 3, dan Poktan Kedung Dalem.


.