• cover-website-copy.jpg

Temu Teknis Peneliti dan Penyuluh, Hadirkan Teknologi Proliga Cabai di Cikeusal - Serang

Serang, 08/09/2021, BPTP Banten gelar Temu Teknis Peneliti Penyuluh yang merupakan bagian dari Kegiatan Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan.

Temu Teknis tersebut dimaksudkan untuk mendukung Pengembangan Komoditas Cabai di wilayah Desa Cilayang Kec. Cikeusal Kab. Serang.

Acara ini menghadirkan Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Banten - Hudri, S.Hut, M.Si, Kasie Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Banten, Kasubag TU BPTP Banten, Peneliti & Penyuluh BPTP Banten, Penyuluh Kec. Cikeusal dan anggota Kelompok Tani Tunas Harapan 1.

Kabid Horti Dinas Pertanian Provinsi Banten menyampaikan materi pertama dengan topik Kebijakan Pengembangan Komoditas Cabai di Provinsi Banten Tahun 2021. Materi kedua disampaikan Peneliti BPTP Banten, Silvia Yuniarti, SP. MP tentang Teknologi Proliga Cabai.

Teknologi Proliga cabai merupakan teknologi produksi lipat ganda yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman cabai hingga 20 ton/ha, dengan produkvitas pertanaman minimal 1 kg, dan kehilangan hasil karena OPT < 10%.

Menurut Silvia, upaya peningkatan produksi cabai melalui Teknologi Proliga meliputi: 1) penggunaan varietas unggul, 2) persemaian yang sehat, persemaian harus menggunakan sungkup, pengukusan media semai selama 4 jam, dan imunisasi tanaman dengan menyemprot persemaian menggunakan tanaman pagoda/bayam merah/bunga pukul empat, dan pemangkasan pada saat persemaian (pinching) berumur 2 minggu, 3). Populasi tanaman 30.000 tanaman/ha dengan jarak tanam 50 x 70 cm dengan sistem zig-zag 2:1, 4). Pemasangan mulsa plastik hitam perak, 5). penanaman 4 baris tanaman jagung, 6). Pemberian pupuk kandang ayam 20 ton/ha atau pupuk kandang sapi 30 ton/ha, dan 7). Pengendalian OPT dengan prinsip PHT.

Petani yang hadir sangat tertarik untuk menerapkan Teknologi Proliga dan merasa penasaran dengan hasil yang dicapai karena selama ini rata-rata produktivitas eksisting di bawah 8 ton/ha.

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Prov. Banten dalam kesempatan ini menyampaikan dukungannya kepada BPTP Banten dalam mendampingi petani untuk dapat menerapkan Teknologi Proliga.

Di akhir acara, dilakukan kesepakatan antara BPTP Banten dengan petani Poktan Tumas Harapan 1 untuk menerapkan Teknologi Proliga dalam budidaya cabai di wilayah tersebut


.